Selasa, 31 Desember 2013

Lokomotif Diesel Elektrik

Salam KA, bravo!! Akhirnya posting lagi, kali ini saya akan membahas tentang situasi lokomotif diesel elektrik di Indonesia, seperti apa sih situasi lokomotif diesel elektrik di Indonesia itu ? Mari kita bahas.. ^^
     Inilah Situasi lokomotif diesel elektrik di Jawa maupun di Sumatera Barat dan Sumatera Selatan sampai akhir tahun 2011.
Seri BB
1. Seri BB200 dengan jumlah 8 unit dan pabrik pembuat General Motor dinas pada tahun 1957.
2. Seri BB201 dengan jumlah 1 unit dan pabrik pembuat General Motor dinas pada tahun 1964.
3. Seri BB202 dengan jumlah 8 unit dan pabrik pembuat General Motor dinas pada tahun 1971.
4. Seri BB203 dengan jumlah 5 unit dan pabrik pembuat General Electric dinas pada tahun 1978.
5. Seri BB204 dengan jumlah 7 unit dan pabrik pembuat SLM dinas pada tahun 1982.
Seri CC
1. Seri CC201 dengan jumlah 133 unit dan pabrik pembuat General Electric dinas pada tahun 1977/83/92
2. Seri CC202 dengan jumlah 48 unit dan pabrik pembuat General Motor dinas pada tahun 1986/90/08.
3. Seri CC203 dengan jumlah 41 unit dan pabrik pembuat General Electric dinas pada tahun 1995/98/02
4. Seri CC204 dengan jumlah 87 unit dan pabrik pembuat General Electric dinas pada tahun 2004/08/11
5. Seri CC205 dengan jumlah 6 unit dan pabrik pembuat Electro Motive Diesel dinas pada tahun 2011.
     Jika dilihat beberapa lokomotif telah berumur 30 bahkan 40 tahun, baik buatan General Motor maupun General Electric. Secara teknis loko tersebut masih bisa dioperasikan untuk menarik KA.Namun dari segi ekonomis biaya perawatan yang meningkat dan semakin sulitnya suku cadang sehingga kendalanya turun. Dengan demikian penggantian loko dilakukan secara bertahap. Lokomotif lama dapat diafkirkan, dirucat, atau di museumkan.
     Nahh... Pembahasan tentang Lokomotif Diesel Elektrik sampai disini dulu. Kalau ada yang kuang atau salah silahkan komentar / mention twitter di @nabila_railfans. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar